Monday 29 July 2019

Udah Busuk

Udah busuk banget dah ini Blog.
Blog ini jadi salah satu saksi betapa tolol dan sok lucunya gue dulu waktu masih kecil. Astaga.

Sesuai dengan judulnya, gue lagi ngerasa busuk aja sih dari kemarin. Wah gak juga sih.. minggu lalu tepatnya. Gak gak.. 1-2 bulan terakhir, deh. Perasaannya gak nentu, gak bisa diajak ngobrol (diri sendiri), gak bisa tenang, panikan, mikirnya jelek jelek mulu, dah. Rasanya kayak pengen kabur aja gak balik balik lagi.

Padahal selama 6 bulan terakhir gue ada di dunia, gue pernah belajar tentang berdamai sama diri sendiri dengan Filosofi Stoa. Pertama kali denger, baca, dan pelajarin dari bukunya Henry Manampiring, Filosofi Teras. 

Dan karena puncak dari segala puncak kegundahgulanaan selama beberapa bulan ini adalah putus dengan pacar yang baru setahun ini.

Mulai ngerasa ada yang gak bener nih di gue.
Gue bahagia gak sih?
Apa kabar hati ini? (gak typo)
Dia beneran bahagia gak sih sama gue?
Gue segitu tainya, ya?
Gue gagal sebagai pacar.
Jangan jangan dia gak pernah sayang sama gue.
Bala bala bala bala (tetep bukan typo, pengen aja)

Setelah mikir, mikir, mikir, gue memutuskan untuk baca ulang lagi tentang stoicism dari buku, website, twitter, dan sebagainya. Dan setelah 2 hari full jadi kutu buku. yang ke mana mana bawa buku, gue ngerasa lebih TENANG.

(lah tapi gak sante gitu)

Pelan pelan gue singkirin kecemasan gue akan jawaban dari pertanyaan di atas dan menyerahkan ke yang di atas.

Itu biar sok asik aja gue bilangnya, tapi sebenernya gue mulai pisahin pertanyaan yang emang menjurus ke gue dan orang lain. Gue fokusin diri gue buat jawab pertanyaan dari diri gue sendiri, karena.. penting nih, salah satu ajara stoa..

perkataan, perbuatan, persepsi, asumsi, keputusan KITA itu cuman KITA yang tau dan atur. Begitu pula sebaliknya, orang lain gak bisa kita atur.

Sama aja konsepnya kayak panduan untuk keselamatan waktu naik pesawat, "Save yourself first, then help others." 

Kita harus selamatin diri kita sendiri, kita harus sayang sama diri sendiri, sebelum bisa selamatin dan sayang orang lain. Dan yang penting juga, gak berharap apa pun untuk dibalas.




Dan apa kabar dengan mantan gue? Gue jujur masih sayang, but that's enough. Kalo terus terusan berharap dia sayang sama gue lagi, ya gak bakal kelar kelar ini sedih. Jadi, gue sayang tanpa harapan akan balikan atau pun disayang balik. Ini berlaku gak cuman di pacar, tapi temen, mantan, saudara, orang tua, dan siapa aja lah yang lo rasa pantes buat disayang.




mwah.

No comments:

Post a Comment